6 Supermarket Di Kota Sorong Tak Katongi Izin Operasional

Oasepapua.id– Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Sorong, Marthen Jitmau, SE mengatakan enam supermarket dan mall diwilayah ini ditemukan tidak tidak mengantongi izin operasional.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Sorong, Marthen Jitmau, SE

Ke -6 mall supermarket dan mall diantaranya, Saga Mall, Yohan Supermarket, Mega all, Ramayana Mall, Thio supermarket dan Papua Supermarket.

Dijelaskannya, Ke -6 mall tersebut kedapatan tidak mengantongi izin pada saat pihaknya melakukan Inpeksi mendadak (Sidak) bersama instansi terkait yang dilakukan pekan lalu.

“Saat ditemukan, mereka menggunakan izin yang sudah habis masa berlakunya atau kadarluarsa. Sementara saat ini sudah pertengahan tahun belum satupun yang berusaha untuk memperpanjang izin operasionalnya,” ungkap Marthen saat ditemui media diruang kerjanya Kamis (11/7)

Izin yang dibuat, Kata Dia , harus secara online melalui aplikasi Online Single Submission (OSS) yang telah disosialisasikan sejak tahun lalu. Namun yang kita temukan ternyata tidak ada kepedulian untuk mengurus izin OSS ini. Sementara saat sosialisasi kita hadirkan semua para pelaku usaha termasuk 6 mall tersebut.

Untuk sanksi, Lanjut Marthen bahwa pada saat sidak, pihaknya telah menghimbau langsung kepada pihak managemenya agar segere mempercepat proses perizinannya. Dan diberikan waktu secepatnya harus di selesaikan.

“Kami sudah himbau ke mereka agar secepatnya mengurus izin operasioanalnya. Dan kami minta waktu secepatnya. Kalau sama sekali tidak ada koordinasi untuk proses izin berlangsung, maka jalan terakhirnya, harus ditutup,” tegasnya.

Tambah, dia saat ini pihaknya baru menargetkan pada mall dan supermarket, sementara pelaku usaha lainya seperti Hotel dan usaha lainya dalam waktu dekat ini akan dilakukan sidak. Dan menurut dia, kemungkinan akan ditemukan hal yang sama, sehingga pihaknya bersama instansi teknis lainya akan menindak secara tegas. (PBE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.