Bagian Dari Sejarah Masuknya Umat Katolik di Indonesia, Larantuka NTT di Usulkan Jadi Kota Suci

Oasepapua.id- Bagian dari Sejarah masuknya Agama Katolik di Indonesia, Larantuka Ibu kota Kabupaten Flores Timur direncanakan pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk diusulkan Manjadi Kota suci umat Katolik indonesia.

Hal ini disampaikan Eden Klakik Kepala Bidang Destinas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), dilansir Diantimur, Jumat kemarin.

Selain Bagian dari sejarah, Kota yang dikenal dengan Wisata Rohani ratusan tahun ini merupakan kerajaan Katolik pertama di Indonesia.

Pertimbangan lain diusulkan menjadi Kota suci yakni dari dulu hingga dewasa ini pelaksanaan ritus prosesi Jumat Agung pada musim Paskah setiap tahun tetap di jalankan dan dilaksanakan.

Larantuka secara historis-religius, terkenal dengan sebutan Kota Reinha Rosari Kota tua kecil yang terletak di kaki Ile Mandiri telah menyerahkan seluruh kehidupannya kepada perlindungan Bunda Maria.

Untuk diketahui dalam Sejarah mencatat, semenjak kedatangan Portugis pada abad XV-XVI, sejak itu pula pengaruh Portugis mulai tertanam dalam proses kehidupan masyarakat, khususnya dalam perayaan yang menjadi peninggalan terbesar bangsa portugis.

Perayaan adalah tradisi keagamaan yang sudah berlangsung lebih dari 500 tahun, ketika bangsa Portugis menyebarkan agama Katolik dan berdagang cendana di Kepulauan Nusa Tenggara.PZ

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.