Bawaslu: Pemilihan Melalui Pos di LN Sangat Rawan

Oasepapua.id- Menanggapi penemuan surat suara yang telah dicoblos di Malaysia, Pihak Bawaslu merinci kembali terkait dengan proses pemungutan suara di luar negeri.

Untuk diketahui Pemilu di Malaysia jumlah pemilih akan mengantongi sekitar 500 ribu lebih suara, yang diselenggarakan dengan tiga cara pemungutan suara yaitu melalui Pos, Kotak Suara Keliling (KSK) Dan TPS yang akan berlangsung di Kedubes.

Menurut anggota Bawaslu Mochammad Afifudin mengatakan, berdasarkan penelitian Bawaslu, pemilihan melalui Pos memang tingkat kerawanan yang paling tingggi dibandingkan dengan yang lainya.

“Jika memang surat suara resmi dari yang diterbitkan KPU, mungkin dugaan kami surat suara tersebut dialokasikan untuk pemilih lewat Pos,” terangnya.

Selain itu pula, jumlah pemilih menggunakan pos merupakan yang terbanyak dan mencapai 319.239 orang, sedangkan KSK sebanyak 112.536 orang dan TPS berjumlah 127.044 orang.

Sebelumnya beredar video yang berisi penggrebekan gudang yang berisi surat suara yang telah tercoblos pada salah satu capres dan cawapres pihak Bawaslu telah menangani kasus tersebut dan hari ini akan terjun langsung untuk melakukan infestigasi.(Sumber Bawaslu.go.id/Red.JD)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.