Filosofi Permainan Sepak Bola, Flobamora FC Vs Flobamora News

Oasepapua.id– Suara drumband dan teriakan yel-yel menggemah seluruh isi stadion. Tampak dari jauh para penggemar sepak bola dan suporter kedua tim antrian panjang di depan loket tiket menunggu giliran. Berdasak satu dengan yang lain tidak menjadi masalah intinya masuk dan menyaksikan pertandingan dua bersaudara yang akan menjadi lawan.

Pertandingan Final Buapti Cap sangat di tunggu-tunggu para penggemar sepak bola kabupaten karena kedua tim merupakan sesama saudara yakni Flobamora FC Vs Flobamora News yang akan berduel di lapangan hijau, dengan Filosofi permainan yang berbeda untuk menunjukan siapan sang pemenang dan juara.

Semua pemain masih dalam ruang ganti bersiap-siap menuju lapangan hijau. semangat mengebuh-gebuh dari pemain Flobamora News ditunjukan dengan tersenyum sinis memandangkan kearah pemain Flobamora FC.

Percaya diri nampak dalam setiap raut wajah mereka, seolah-olah mereka dengan gampang akan mengalahkan tim Flobamora FC dengan skor meyakinkan.

Melihat situasi dan kondisi semakin tegang diruang ganti. Pelatih Tim Flobamora FC mengumpulkan semua pemain di salah satu sudut ruang ganti, meredamkan emosi dengan menundukan kepala untuk memanjatkan doa demi meraih kesuksesan.

Selesai doa taktik mulai diterapkan sang pelatih yang dikenal ahli filosofi permainan. Diberikan mandat Ban kapten kepada Kenzo, senior yang sudah bergabung sejak dibentuknya tim Flobamora FC.

Kenzo adalah benteng terakhir Flobamora FC dengan Julukan Piguenya Flobamora FC yang akan diduetkan dengan Janu, Maldininya Flobamora FC.

Mengenai kedua benteng pertahan belakang ini tak perlu diragukan lagi. Sapuh bersih dan tekel meyakinkan membuat lawan berpikir panjang jika berhadapan kedua libero belakang tersebut..

Untuk finis terakhir Nakhoda Flobamora FC percayakan kepada Jelo yang mempunyai daya juang dan kepiawean tinggi diarea kotak pinalti. Para suporter memberi julukan Rasfornya Flobamora FC.

Aku yang di juluki Modricnya Flobamora FC, dipercayakan sebagai jendral lapangan tengah dan motor serangan diberi mandat secara tegas untuk umpan panjang dan pendek demi memanjakan striker di depan mistar gawang lawan.

Peluit wasit dibunyikan tanda pertandingan dimulai. Permainan cantik dan tiki taka ala bercelona mulai diterapkan tim Flobamora FC. Si kulit bundar  mulai dialirkan dari kaki satu ke kaki yang lain dengan satu dua sentuhan.

Tim Flobamora News yang melihat permainan indah tim Flobamora FC mulai bermain dengan tempo tinggi dan kasar. Provokasi dan protes mulai dilakukan tim Flobamora News saat Jelo pemain Flobamora FC di jatuh di area penalti akibat di tarik bek lawan.

Wasit .tegas dan adil kali ini termakan rayuan kapten tim Flobamora News sehingga  tidak meniup peluit untuk penalti. Kapten Flobamora FC sempat melakukan protes namun wasit tetap tegas bukan pelanggaran.

Ketika memasuki menit-menit akhir babak pertama peluang emas bagi Flobamora FC melalui Jelo. Bola dari bek kanan di berikan kepadaku dengan tenang dan lihai  menggiring melewati salah seorang pemain melalui dua celah kaki serta memberi umpan manja ke arah Jelo.

Bola hasil umpan disambut baik dengan kontrol dada serta berbalik badan dan menandang, bola melenceng tipis di atas mistar gawang lawan. Jelo Terlihat ekspresi menyesal  mungkin Dewi fortuna belum berpihak. Hingga tiupan panjang babak pertama berakhir skor tetap kacamata yakni 0-0.

Oh iya, untuk diketahui sebelumnya Flobamora hanya memiliki satu Tim yakni Flobamora FC. Dibentuk atas dasar rasa persaudaraan dan kekeluargaan. Dengan mimiliki seorang nakhoda untuk membawa tim Flobamora setiap kali mengikuti turnamen.

Seiring berjalannya waktu, beberapa pemain mengundurkan diri dari Flobamora FC dengan alasan yang tidak masuk diakal. Mereka yang memisahkan diri dari Flobamora FC mulai membentuk tim tersendiri dengan nama Flobamora News. Hari demi hari permainan tim Flobamora News mulai berkembang dengan strategi yang dimainkan parkir bus yaitu 11 pemain hanya menumpuk diarea kotak penalti dan melakukan serangan balik. Bisa dibilang adopsi strategi The spesial One Jose Mourinho.

Setelah dibentuk dan menjadi satu Tim dengan Nama Flobamora News yang pada akhirnya menjadi saingan Tim Flobamora Asli. Walaupun setiap kali dilakukan pertandingan persahabatan dengan Flobamora FC dan Flobamora News selalu kalah. Namun Flobamora News tetap menjadi salah satu tim yang ditakuti klub lain.

Di ruang ganti Pelatih Flobamora yang dikenal keras dalam suara namun lembut dalam hati memberikan motifasi tinggi untuk Juara dan mengangkat Piala. Strategi mulai dirombak dengan  filosofii permainan ala Jurgen Klopp, Gegenpressing yakni menyerang, kemudian  bertahan dan juga transisi.

Strategi Gegenpressing mulai diperagakan keseblasan tim Flobamora FC. Dengan strategi ini permainan Flobamora FC semakin intens dan meningkat. Serangan bertubi tubi mulai dilancarkan ke areal kotak penalti lawan, terjadi pelanggaran keras semakin ramai, Tim Flobamora News berusaha memancing emosi Pemain Flobamora FC. Siku tangan mulai berggerak saat berduel udara, kaki bisa melewati kepala, tekel keras mulai di laksanakan dan wasit mulai mengeluarkan kartu kuning.

Walupun tim lawan menunjukan permainan tidak sportif namun kesebelasan Flobamora FC tetap menunjukan sikap damai dalam permainan, senyum tulus dan jabatan tetap dilakukan karena ada rasa sesama saudara. Teriakan pelatih dari pinggir lapangan semakin memotifasi anak-anak flobamora FC untuk berusaha mencetak gol namu selalu gagal dengan ketaguhan bek lawan.

Disaat berusaha mengejar gol peluang berharga langsung di dapat striker Flobamora News, berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang Flobamora FC tendangan pemain bernomor punggung 12 masih bisa ditepis Bento Kiper Flobamora FC yang dikenal Tanggung dalam mengamankan gawang dari pemain lawan yang berusaha mencuri gol.

Dari tribun penonton bagian kiri berkostum putih terdengan teriakan Flobamora FC bisa, ayo semangat kalahkan saudaramu Flobamara News.

Teriakan itu semakin memotifasi rekan-rekan timku. Aku sempat mengeluh sakit dan terbaring dirumput hijau saat berduel udara dengan libero Flobamora News . Sekitar 5 10 detik aku terbaring dirumput hijau akibat permainan keras Namun karena keinginan yang tingi untuk mencapai juara saya harus kuat.

Tribun penonton akhirnya bergemuruh saat memasuki menit ke-88. Berawal dari umpan panjang dari sisi kiri menuju ke striker, bola yang melambung berhasil dibuang keluar oleh bek lawan dan hakim garis menunjukan bendera sepakan pojok.

Mengetahui akan dilakukan sepakan pojok semua benteng Pertahanan Flobamora FC menuju ke gawang lawan. Aku yang ditunjuk sebagai spesialis tendangan bebas dan tendangan sudut bersiap untuk mengambil ancangan tendangan bebas. Sebelum mengambil tendangan penjuru aku memberi kode dengan mengangkat tiga jari tangan yang berarti bola akan diarahkan ke tiang jauh gawang lawan.

Kode yang sudah terlatih akhirnya berbuah manis. Bola hasil sepakanku langsung menujuh tiang jauh. Dengan tenang dan wibawa di heading oleh Piquenya Flobamora FC dan bola mulus merobek gawang lawan.

Golll..golll,,goll  teriakan penonton dan pelatih secara bersamaan. Semua pemain tim Flobamora FC merayakan gol dengan saling berpelukan. Semangat dan bahagia ditunjukan kapten dan tim Flobamora FC.

Peluit tiupan panjang dibunyikan. Pertandinganberakhir. Kami bersorak gembira atas kesuksesan diraih tim  Flobamora dengan kerja keras pemain dan kerja cerdas pelatih. Flobamora FC berhasil membawa piala bergilir Bupati Cap, top skorer, pemain terbaik serta tim terbaik dan pelatih terbaik.

Saat keluar dari ruangan ganti semua pemain Flobamora memberi salam dan memeluk pemain flibamora News yang kelihatan sedih dengan kekalahan yang di derita.

“Tetap semangat. Blm saatnya untuk meraih kemenangan. Semangat tetap latihan” kataku kepada salah seorang pemain Flobamora News. Ia adalah sahabat karibku yang pernah bermain bersama di Flobamora FC.

“Dilapangan kita lawan, di  luar lapangan kita saudara dan keluarga. Lupakan ini semua yang dipikirkan adalah kita saudara. Kemenngan kami adalah kemengan kamu juga” kataku sambil memeluknya. Inilah nasehat pelatih Flobamora FC sebelum bertanding “walupun kita memiliki tim berbeda tetapi kita tetap satu yakni Flobamora, saudara dan keluarga”. Salam Flobamora. (PZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.