Imbauan Ketua KPU Kota Sorong Setelah Rekapitulasi Perhitungan Suara

Oasepapua.id– Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sorong Robert Yumame setelah menyelesaikan rekapitulasi perhitungan suara pemilu 2019 mengimbau kepada seluruh partai politik dan Caleg peserta pemilu 2019 agar tidak mengklaim kemenangan sebelum penetapkan resmi oleh KPU agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lanjutnya pihak KPU Kota Sorong Papua Barat telah menyelesaikan rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu 2019 mulai dari tanggal 5 hingga tanggal 8 mei 2019.

Hasilnya suara calon Presiden nomor urut 01 meraih suara terbanyak yakni 83.358 suara sedangkan calon presiden nomor urut 02 sebanyak 34.817 suara.

Dalam pleno pelaksanaan rekapitulasi perhitungan suara sempat terjadi perbedaan pendapat dan keberatan yang di ajukan saksi partai politik maupun saksi calon legislatif kepada bawaslu yakni kekeliruan penulisan angka. Kekeliruan terjadi mungkin karena kelelahan.

Namun semuanya itu dapat diselesaikan dengan aman, damai serta pengertian semua  dan menghargai proses demokrasi sehingga tidak terjadin hal-hal yang tidak diinginkan.

Tambah Robert berkaitan dengan penetapan caleg tahapnyan tersendiri dan dilakukan secara berjenjang oleh KPU dan daerah, hingga pusat.  Jadi KPU hanya pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara pemilu dan menetapkan jumlah perolehan suara partai dan caleg tetapi tidak menetapkan kemenangan caleg. (Antara/red.PZ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.