Ini 5 Instruksi Presiden Jokowi kepada Polri di HUT ke-73 Bhayangkara

Oasepapua.id– Kepolisian RI (Polri) memperingati hari jadinya ke-73 hari ini yang juga kerap disebut Hari Bhayangkara, Rabu (10/6) Pukul 08:30 WIT. Acara ini merupakan puncak dari peringatan hari ulang tahun (HUT) Bhayangkara yang jatuh setiap 1 Juli.

Namun, memperingatan HUT Bhayangkara tersebut, Polres Sorong menggelar apel dilapangan Mapolres Sorong, Aimas, Kabupaten Sorong. Kapolres Sorong, AKBP I Dewa Made Sidan Sutrahna. Sik, bertindak sebagai inspektur upacara.

AKBP I Dewa Made Sidan Sutrahna. Sik. saat bertindak Inspektur upacara. Ft. Paschal.OP

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutanya yang dibacakan Kapolres Sorong, atas nama Rakyat bangsa dan negara Indonesia Presiden mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke 73 kepada seluruh anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia di manapun saudara bertugas, dan mengucapkan terima kasih kepada Polri yang telah bekerja menjaga keamanan dan ketertiban nasional.

Menurut Presiden Jokowi, Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, yaitu Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Dia melanjutkan, Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

Kendati demikian, Presiden melihat Polri masih memiliki banyak tantangan di masa depan.

Maka mengakhiri amanat ini, menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas,

Pertama, Presiden berpesan agar Polri terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks.

Kedua, Presiden meminta Polri terus mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis.

“Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat,” kata Jokowi, dalam sambutan yang dibacakan Kapolres Sorong.

Keempat, Presiden Jokowi juga meminta Polri terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.

“Terakhir, perkuat koordinasi dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial,” Tandasnya

Dalam acara syukuran tersebut, Kapolres Sorong membacakan sambutan tertulis Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D, yang menjelaskan peringatan hari Bhayangkara terkait dengan terbitnya penetapan pemerintah Nomor 11 tahun 1946.

” Melalui Penetapan tersebut, jawatan Kepolisian Negara yang semulanya berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri yang langsung berada di bawah perdana menteri atau presiden selaku kepala pemerintahan.” Ucapnya.

Dikatakan pula, dengan berbagai tantangan yang ada sampai dengan saat ini, Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sebagaimana diatur dalam undang-undang, dan Polri pada saat ini memiliki anggota sebanyak 446.873 personel, yang tersebar pada 34 Polda, di 34 provinsi, 461 Polres di di 514 kabupaten / kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 kecamatan. Dengan dibantu oleh tentara Republik Indonesia serta komponen-komponen bangsa lainnya maka diyakininya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap terjaga dengan baik.

Ditambahnya juga, Berbagai perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri selama 3 tahun terakhir melalui program promoter, dititikberatkan pada tiga kebijakan utama antara lain, peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media. Lanjutnya untuk 3 tahun implementasi program promoter telah menunjukkan hasil yang baik, kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat, Polri pada tahun 2016 termasuk dalam tiga institusi dengan kepercayaan publik rendah dan saat ini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga yang kredibel Polri telah berada pada 3 besar lembaga yang dipercaya publik. (PBE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.