KDP Mimika: Tugas Guru TK Mengembangkan Bakat dan Talenta Anak, Bukan Memaksa Menulis dan membaca

Oasepapua.id- Kepala Dinas pendidkan Kabupaten Mimika Jeni O Usmani mengatakan Tugas Guru TK adalah Mengembangkan Bakat dan Talenta yang dimiliki anak jangan paksakan otak anak untuk membaca dan menulis.

Jika dipaksakan otak anak untuk membaca dan menulis maka otak anak akan rusak. Yang dilakukan guru TK adalah mengembangkan talenta yang dimiliki anak seperti menari, menyanyi melukis dan lainnya.

Lanjut Jeni yang menghadiri Pelepasan dan Porseni TK Negeri Mitra Kencana, Kamis kemarin bahwa Saat ini perkembangan motorik halus anak pada usia dini sedang dalam tahap pengenalan. Jadi baca tulis itu adalah sesuatu yang berat diterima bagi saraf-saraf si anak, bisa-bisa saraf otak itu putus atau rusak jika dipaksakan.

Berkaitan dengan membaca dan menulis adalah tugas guru Sekolah Dasar (SD). Jadi tidak perlu takut dengan istilah guru paud dan TK meringkan tugas guru SD. Anak anak tidak bisa membaca dan menulis di Paud dan TK karena tugas utama guru paud dan TK lebih pada Pengembangan bakat dan Telenta

Harapan Jeni bagi orang tua harus mengerti mengenai persoalan ini apalgi memaksakan otak anak untuk membaca dan menulis. Biarkan otak anak anak berkembang dengan sendirinya mencari jati diri dan cita-citanya meraih prestasi. (SP/ OP)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.