Mudah dan Praktis Dalam Pelayanan, Pemkot Sorong Launching Sistem Pajak Online

Oasepapua.id– Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kota dan juga mempermudah aksesibilitas pelayanan publik dalam pembayaran pajak Daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Sorong melaunching Sistem Pajak Online serta Penyerahaan SPPT-P2 tahun 2019, di Aula Samusiret, Kantor Wali Kota Sorong, Kamis (23/5/2019).

Kegiatan launching sistem pajak online ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM, yang didampingi Sekda Kota Sorong, Kepala BPPRD serta pimpinan perhotelan di Kota Sorong.

Wali kota Lambert Jitmau, dalam arahannya menyampaikan, Dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi saat ini, Pemkot Sorong menyikapi kondisi dengan melaunching sistem pajak online agar memudahkan masyarakat. Di mana para wajib pajak tidak dipersuslit dan tidak perlu lagi bersusah payah mendatangi ke kantor pajak . Serta mudah dalam mengontrol pendapatan dibidang pajak dan pengawasan bisa dilakukan setiap waktu, tidak bisa dimanipulasi.

” Saat ini masyarakat membutuhkan pelayanan yang praktis, modern, dan mudah. Karenanya, Pemkot Sorong menyiapkan sistem pembayaran pajak dengan sistem online, yang tentunya akan berbeda dengan sistem manual,” Tangkasnya

Lambert menjelaskan bahwa kegiatan yang digelar Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) kota Sorong ini, bertujuan untuk meraup sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sebanyak-banyaknya untuk menunjang pembangunan daerah.

” Ini sesuai tindak lanjut dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak daerah dan Retribusi daerah, sehingga Pemkot telah mengeluarkan beberapa Peraturan Daerah (Perda) tentang pajak dan retribusi daerah,” Jelasnya

Selain itu, Ia pun mengapresiasi kepada Badan pengelolah pajak dan retribusi daerah (BPPRD) dengan dilaksanakan sistem pajak online dengan metode pemasangan alat perekam atau monitoring yang dipasang ditempat wajib pajak perhotelan, sehingga transaksi terjadi kita dapat pantau atau dapat mengetahui jumlah pajak 10 persen yang disetor ke khas daerah.

Oleh karenanya, Lanjut Lamber Pemda diberikan kewenangan untuk kelola keuangan daerahnya secara profesional dan mandiri. Pajak dan retribusi daerah memberikan kontribusi besar dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan merupakan sumber dana bagi pemerintah Daerah.

Kegiatan yang dihadiri pengusaha hotel dan restauran serta para pelaku usaha lainnya di kota Sorong ini, diharapkan bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah dan mampu menyumbang PAD, dalam bentuk pembayaran iuran dan pajak daerah sesuai peruntukannya

“Saya menghimbau kepada semua pemilik usaha hotel dan restoran serta pelaku-pelaku usaha yang ada di kota Sorong, harus proaktif untuk membangun kota ini, dengan cara tidak menunggak pajak terhadap pemerintah daerah,” ujar Wali kota Sorong, Lambert Jitmau,

” Juga pembayaran retribusi harus tepat pada tempat yang tepat, supaya teratur dan mudah untuk dikontrol oleh dinas terkait,” Imbuhnya

Ia juga menghimbau kepada Distrik dan kelurahan untuk proaktif dan jeli mendata PBB warganya terutama tanah warga di wilayah masing-masing.

” Kepada distrik dan kelurahan, segera mendata bagi warga yang memiliki tanah yang saat ini belum di laporkan, Karena ini tanggung jawab kelurahan untuk mendistribusikan surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) sampai keterangan Wajib pajak,”. Tutupnya.

Kontributor : Paschal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.