Murulongga, Air Terjun Tersembunyi di Kabupaten Ende

Oasepapua.id- Indonesian number one,bukan hal baru kalau indonesia dibilang indah. Selain kaya budaya bahasa dan adat istiadat, Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang sangat indah dan mempesona serta tidak kalah dengan belahan dunia lainya.

Ribuan destinasi wisata yang sangat indah, serta mendiami disetiap kepulaun yang ada di Indonesia membawa dampak bagi banyaknya visitor-visitor asing yang megunjungi setiap pulau yang ada di Indonesia untuk berwisata.

Kuantitas visitor asing terus meningkat setiap tahunnya. Kalau kita membahas destinasi yang diminati di Indonesia, pasti tidak terlepas dari kepulauan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yakni Komodo Island, Kelimutu Lake. Sudah pasti nama yang paling pertama disebut sebagai pintu datangnya wisatawan dari berbagai belahan dunia. Sebetulnya bukan hanya dua tempat ini yang menarik tapi masih ada destinasi lain yang belum tampil atau belum buming namanya.

Salah satunya, tempat wisata yang kaya akan keindahan alam serta belum terjamah oleh tangan manusia dan terletak dibukit. Tempat wisata tersebut yakni air terjun Murulongga terletak di Kampung Wolofeo, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Provinsi NTT.

Air Terjun Murulongga terletak di Kampung Wolofeo, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Provinsi NTT.

Air terjun dengan ke tinggian 70 meter ini, berada di tanah persekutuan adat dari Jendo dan Sipi Jena yang mengintai air terjun Murulongga.

Disamping itu, air terjun dengan jarak 29 KM dari Kota Kabupaten Ende, dihiasi pepohonan berdaun lebat dan hijau menambah suasana alam yang memanjakan mata, terdngar siulan burung-burung disekitar yang saling bersahutan menambah panorama keindahan.

Tempat yang tidak jauh dari jalur Trans Flores ini untuk mencapainya tempatnya, di sepanjang jalan disuguhkan dengan pemandangan perasawahan dan tanaman sayur milik warga setempat.

Keberadaan Air Terjun Murulongga Yang Tersembunyi di Kampung Wolofeo, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Provinsi NTT.
Kabupaten Ende Mulai Dikinjungi Warga

Salah satu keunikan yang dimiliki Air Terjun Murulongga adalah pelangi abadi yang selalu mengintai tempat tersebut timbul akibat derasnya air dingin yang selalu mengalir. Sibaan air jernih dan pantulan sinar matahari. Masyarakat setempat meyakini kalau pelangi adalah makluk hidup dan biasa disebut” Nipa Moa”(ular yang haus)”.

Tempat ini dapat menjadi rekomendasi untuk melengkapi perjalanan wisata jika menuju danau telaga tiga warna Kelimutu. (Eman Rae)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.