Pemkab Sorong Gelar Donor Darah Sambut HUT ke-  52

Oasepapua.id- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke -52 Kabupaten Sorong yang jatuh pada hari Jumad (14/6/2019) dan ditandai dengan upacara peringatan yang akan dilaksanakan di Aimas Convention Centre, pada 18 Juni 2019 mendatang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong, Papua Barat, menggelar acara donor darah.

Kegiatan donor darah Pemkab Sorong bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Sorong, dan dihadiri sejumlah personil Marinir Sorong, termasuk para ASN yang ada di lingkungan Pemkab Sorong, dipusatkan di aula kantor Bupati Sorong, Kamis (13/5/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sorong Mohamad Said Noer mengatakan peringatan HUT ke-52 Kabupaten Sorong merupakan refleksi sejauhmana Kabupaten Sorong melakukan pembangunan, melayani masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan, dan hal ini dilakukan dalam kegiatan donor darah sebagai bentuk kepedulian terhadap pasien yang membutuhkan darah.

“Diusia ke-52 tentu kami akan banyak mengevaluasi apa saja yang telah dikerjakan, kegiatan donor darah ini salah satunya sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat khususnya pasien yang membutuhkan darah, kita mencoba untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya” kata Mohamad Said Noer.

Sementara itu Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sorong Klaas Osok menyebutkan kebutuhan darah bagi pasien cukup banyak, namun jumlah pendonor tidak bertambah oleh karena itu PMI selalu bekerja sama dengan organisasi masyarakat, TNI dan Polri agar aktif melakukan donor guna membantu sesama.

“Kebutuhan darah kita sangat besar, tiap bulan kita butuh sampai 300 kantong darah, sedangkan pendonor tidak bertambah, harapan kami ada partisipasi masyarakat agar berdonor sebagai kepedulian terhadap sesama, kita pun sebagai pendonor akan menerima manfaat yang besar berupa regenerasi sel darah merah” ujar Klaas Osok.

Untuk setahun, PMI Kabupaten Sorong mencatat kebutuhan darah untuk pasien mencapai 7.000 kantong, dan guna menjawab kebutuhan tersebut PMI bekerja sama dengan lintas instansi, dan meminta kesediaan pendonor aktif untuk berdonor jika dalam keadaan darurat. (Paschal**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.