Polisi Berhasil Selamatkan Emas Hasil Rampokan
Oasepapua. id-Kedua pelaku yang berhasil ditangkap berinisial HS dan AK alias Ali Dobo. Aksi perampokan itu dilakukan oleh tiga orang tersangka. Seorang tersangka diduga bernama Rahman masih dalam pengejaran dan telah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kasat Reskrim Polres Mimika AKP I Gusti Agung Ananta Pratama mengatakan, ketiga tersangka beraksi setelah memantau situasi di sekeliling rumah/toko milik korban pada malam hari. Salah satu tersangka, yakni HS bolak-balik tiga kali dengan berpura-pura berbelanja.

“Selanjutnya HS memberitahukan hasil pantauan kepada AK dan Rahman. Setelah melihat situasi aman pada malam hari, mereka langsung lompat masuk lewat pagar belakang,” kata Ananta menjelaskan kronologis perampokan dalam press release kasus tersebut di Kantor Pelayanan Polres Mimika, Sabtu (25/8).

Pelaku HS dan Rahman dalam melakukan aksinya membawa pisau sangkur, sedangkan AK alias Ali Dobo membawa senjata api mainan untuk menakut-nakuti korba.

Ketika itu mereka menunggu kesempatan sampai pemilik toko membuka pintu. Para pelaku yang menggunakan penutup wajah, langsung menyerang dan menyekap istri pemilik toko, Maria Theresia Thung, begitu membuka pintu. Maria diikat dengan tali tambang, lalu mulutnya disumpal menggunakan lakban warna cokelat.

“Setelah itu para pelaku meletakkan korban dalam posisi terikat di dalam rumah,” kata Ananta.

Pelaku selanjutnya mengambil perhiasan emas milik korban. Tak sampai di situ, mereka masuk ke dalam kamar dan menyekap pemilik toko yakni Robert. Pasangan suami istri itu kemudian diikat dengan mulut tertutup lakban sehingga tak bisa berteriak meminta tolong.

Setelah kedua korban terikat, para pelaku dengan leluasa menggasak seluruh perhiasan, handphone dan uang Rp30 juta. Total kerugian yang dialami korban ditaksir mencapai Rp90 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.