Sering Terjadi Pemadaman Listrik, Ini Penjelasan Dari PLN UP3 Sorong

Oasepapua.id- Belakangan ini warga di Kota Sorong Papua Barat , mengeluhkan seringnya terjadi listrik padam yang terjadi berulang-ulang dengan durasi hingga berjam-jam, bahkan mati -hidupnya listrik membuat sejumlah peralatan elektronik warga rusak.

Menanggapi hal itu, Manager PLN UP3 Sorong , Alberth Safaria mengungkapkan bahwa, sistem kelistrikan kita saat ini tergabung antara kota dan kabupaten sorong, ini sudah didirikan sejak dulu kala, malah seblum menyatuh terpisah atau isoletir,

Menurutnya, sistem listrik di Sorong kota dan kabupaten saat ini berada dalam kondisi pasokan yang cukup.Jadi kita itu memiliki kemampuan supply sebesar lebih kurang 48 Mega, Sat ini artinya sebenarnya masih memiliki kecukupan pasokan listrik untuk melayani kebutuhan masyatakat,” jelas Alberth saat ditemui media diruang kerjanya, Selasa (9/7).

Dengan demikian sitem kelistrikan Kota dan Kabupaten sorong semakin besar dan tergabung semakin kuat, dan secara teknis justru semakin efektif serta lebih unggul dibandingkan terpisah. Namun karena menggunakan kawat atau kabel terbuka melalui udara sehingga rentan mengalami gangguan.

Ia mengakui, sejak bulan juni 2019, ada 11 kali gangguan tiba-tiba, diantaranya karena serbuan hwan seperti ular, kelelawar maupun katak.

” Daerah yang dominan terjadi gangguan yakni dikawasan hutan lindung, belakang stadion KM16, dan UT KM 13. Kami juha keninggungandan sulit mengatasi karena tempat tidak tepat atau berpindah-pindah dan serbuan hewan tahun ini lebih dibandingkan tahunsebelumnya,” Ungkapnya

Untuk mengatasi hal ini, PLN UP3 Sorong telah memasang 450 tali ijuk ditiap tiang listrik untuk mencegah ular, kemudian pihak PLN juga sedang melakukan pergatian pada kabel terbuka dengan kabel yang terbungkus yang sudah berlangsung kurang lebih 2 Km dan proses ini bertahap untuk mencegah gangguan dari kelelawar.

Dikatakannya saat ini PLN up3 telah memiliki pembangkit yang baru berskala besar yang berada di kawasan KEK Kabupaten Sorong yang berjumlah 5 dan masing-masing besarnya 10 Mega sehingga diharapkan bisa menambah pasokan . Sebab ini merupakan langka serius dari PLN UP3 dalam mendukung kegiatan perekonomian di kota dan Kabupaten Sorong.

pembangkit yang baru berskala besar yang berada di kawasan KEK Kabupaten Sorong yang berjumlah 5 dan masing-masing besarnya 10 Mega.Dok PLN UP3 Sorong.

” Saat ini juga kami siapkan pembangkit lainnya dan transmisi yang jalurnya kita naikkan dengan tegangan tinggi dan sudah mendekati tahap penyelesaian,” Tangkasnya.

Selain itu, untuk menjawab tuduhan beberapa oknum mahasiswa ketika demo kemarin bahwa diduga PLN UP3 sorong menimbun BBM yang sebenarnya bahwa PLN UP3 Sorong saat ini lebih banyak menggunakan gas yang sudah jadi, dibandingkan dengan menggunakan BBM yang kemungkinan hanya digunakan sekitar 10 persen saja. Dan PLN UP3 Sorong diaudit setiap tahu periode.

” Kami dominan beli dan sedikit gunakan diesel jadi kita sebenarnya menggunakan konsumsi listrik beli dari swasta dan dugaan adanya penimbunan BBM itu bohong dan silahkan saja audit kami,” Bebernya.

Kemudian adanya tuntutan untuk menggantikan manajemen PLN up3 Sorong pun dipersilahkan sebab menurutnya kinerja akan dinilai oleh atasannya. Selain itu diakui Albert dirinya juga mengemban tugas yang diamanatkan kepadanya dengan mengganti pimpinan bukan solusi terbaik.

“Saya bertugas dan tantangan sistem listrik di kota Sorong sangat besar kebutuhannya lebih besar dan Kompleks bila dibandingkan dengan daerah lain Namun kami menyiapkan sarana infrastruktur yang bagus canggih di Kabupaten Sorong,” Tangkasnya.

” Untuk ganti rugi barang elektronik masyarakat yang rusak akibat badan mendadak diakuinya bahwa PLN hanya menyalurkan energi sehingga tidak bisa mengganti rugi kan barang elektronik masyarakat”, Tambahnya.

Perlu diketahui bahwa statistik gangguan PLN up3 Sorong pada tahun 2017 sekitar 700 n kemudian 2019 menurun hingga 300% dan diharapkan pada tahun ini hanya 150-an namun sebenarnya berharap tidak ada pemadaman. (PBE)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.