Sidak Gudang Distributor, TPID Kota Sorong Temukan Bahan Makanan Dan Minum Kadaluarsa

Oasepapua.id- Dalam kegiatan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah gudang distributor di Kota Sorong, Pada Jumad, (24/05/2019) Siang ,Tim pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, masih menemukan produk makanan maupun minuman kadaluarsa.

Mobil Box Berisi Sejumlah Barang Kadaluarsa.FT. paschal/OP

Dari pantauan media, Jumad siang, TPID Kota Sorong yang dipimpin Sekda Kota Sorong, Dra. Welly Tigtigweria, mendatangi beberapa gudang distributor di wilayah kota Sorong dan ditemukan sejumlah barang kadaluarsa di digudang distributor seperti mie,makanan ringan, minuman kaleng dan barang produk lainnya.

Salah satu gudang distributor Mariat Utama yang berlamat KM 9 Kota Sorong TPID menemukan satu boks mobil yang berisi puluhan mie selera pedas yang hendak melakukan pendistibusian ke pelaku penjualan di wilayah ini.

Ketika diperintahkan pihak Sat Pol PP membuka pintu mobil box, akhirnya menemukan sejumlah produk yakni mie selera pedas, sebagiannya masa produk tinggal dua atau tiga bulan dan produk lain yang telah kadaluarsa.

Saat dimintai keterangan karyawan gudang tersebut sempat terkecoh, sehingga sumua barang yang ada dalam mobil box diturunkan kembali dan batal melakukan pendistribusian.

Sekda Kota Sorong, Dra. Welly Tigtigweria, ketika diwawancarai terkait penemuan barang kadaluarsa, mengatakan pemerintah Kota Sorong melalui OPD teknis yang bertanggung jawab yaitu kepala dinas perdagangan, kepala bagian pregda dan sat pol pp sebagai pengawas akan tindaklanjuti dengan mengeluarkan surat peringatan kepada mereka supaya ada perhatian.

” Selepas peninjauan ini, pemerintah akan keluarkan surat peringatan, karena Kami turun hari ini bukan untuk mencari suatu kelemahan atau kesalahan dari para distributor, tetapi semata-mata turun lapangan seperti ini melakukan pembinaan dan pengawasan langsung Kalau ada kekurangan-kekurangan, ya kami memberitahukan itu untuk mereka memperbaiki kekurangannya,” Ungkapnya.

Dikatakannya, ada hal-hal yang kurang seperti barang kadaluarsa tersebut, sebab saat pemusnahan dilakuakan pihak distributor selama ini tanpa melibatkan pemerintah, dengan kemungkinan ketidaktahuan mereka sehingga lakukan itu.

Pemerintah dalam hal ini akan membuat surat sehingga ketika mereka memusnahkankan barang kadaluarsa harus menghadirkan pihak pemerintahan, kepolisian , karena itu tanggung jawab pemerintah terhadap keselamatan, kenyamanan dari masyarakat.

” Dengan kehadiran kita, dapat menyaksikan langsung apakah benar-benar dimusnahkan atau tidak. Sehingga kalau itu terlaksana dengan baik dan mereka juga ikut tentunya juga ada nama baik daripada distibutor itu sendiri dan masyarakan aman dan kita semua aman,” Tangkasnya.

Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk ikut teliti sebelum membeli barang.

“Dicek dulu barangnya sudah kadaluarsa apa belum, sehingga saat dikonsumsi tidak terjadi sesuatu yang merugikan bagi tubuh kita,”. Tutupnya

Kontributor : Paschal

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.