Soal Dana Desa, Puluhan Kades Di NTT Berpotensi Dipidana

Oasepapua.id- Puluhan Kepala desa di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur berpotensi diproses secara hukum karena belum juga memberikan laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa tahap ketiga tahun 2018.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe mengatkan, berdasarkan laporan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kupang bahwa masih terdapat 26 desa yang pertanggungjawabannya bermasalah.

” Ada 26 kepala desa yang hingga saat ini belum memberikan laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa tahap ketiga. Kami sudah ingatkan ulang-ulang tetapi masih tidak digubris maka didorong untuk diproses secara hukum,” kata Jerry kepada awak media, di Kupang, Kamis (25/5).

Menurut Jerry, dana desa yang diterima sudah dicairkan semuanya, namun laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana tersebut belum juga diberikan oleh para kepala desa.

“Kami yakin pasti ada masalah penyimpangan sehingga ke-26 kepala desa itu lalai memberikan laporan pertanggungjawaban. Atas dasar itu, kami akan memproses mereka secara hukum,” kata Jerry, yang dilansir Antara Kamis Siang.

Selain itu, mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang itu juga, mengatakan Pemerintah daerah akan segera menurunkan tim pemeriksa dari Bandan Pengawas Daerah (Banwasda) Kabupaten Kupang untuk melakukan pemeriksaan terhadap 26 kepala desa yang diduga telah melakukan korupsi dana desa tahun 2018 itu.

“Kami segera turunkan tim pemeriksa dari Banwasda untuk melakukan pemeriksaan. Apabila terdapat indikasi adanya korupsi maka akan didorong untuk diproses secara hukum,” Tangkasnya

Ia pun memastikan bahwa, Kepala Desa Taklale di Kecamatan Kupang Timur merupakan kepala desa pertama akan diproses secara hukum, menyusul para kepala desa lainnya, karena diduga melakukan tindak pidana korupsi atas bantaun dana desa tahun anggaran 2018.

“Kami akan dorong kepala desa bersangkutan untuk diproses secara hukum lalu diikuti dengan desa-desa lainnya yang juga memiliki indikasi korupsi dalam pengelolaan dana desa tahun 2018,” tegas Jerry. (red.004)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.