Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Walikota Sorong Resmikan Puskesmas Klasaman

Oasepapua.id- Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyrakat, Pemerintah kota Sorong terus berupaya melakukan pembangunan terhadap fasilitas kesehatan disetiap distrik yang ada diwilayah ini. Hal ini dibuktikan dengan meresmikan gedung baru Puskesmas Puskesmas Klasaman, Senin (15/4).

Walikota Sorong, Drs Ec Lambert Jitmau, MM  dalam arahannya mengatakan diresmikannya Pos Kesehatan ini salah satu wujud kepedulian Pemkot Sorong terhadap tingkat kesehatan masyarakat. Khususnya pihak kesahetan di puskesmas Klasaman yang tentunya memberikan efek positif bagi masyarakat sekitar.

” Ini juga merupakan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat yang bertujuan untuk menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat, sebagai upaya agar masyarakat lebih peduli pada kesehatannya serta mendapatkan pelayanan yang mudah hingga dapat ikut serta berperan aktif dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungannya,”Tandasnya.

Ia juga mengatakan, pembangunan satu unit puskesmas di semua distrik yang ada di Kota Sorong merupakan bangunan yang megah, gedung dua lantai dan semua fasilitas kesehatan harus dilihat dengan baik agar bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

” Dari semua puskesmas yang dibangun, hanyalah puskesmas klasaman yang paling luar biasa. Bukan hanya di kota Sorong atau Papua Barat, tapi gedung puskesmas klasaman yang terbaik di Indonesia Timur,” Pungkasnya.

Ia menambakan tahun ini pihaknya akan menginventarisir dan pengadaan peralatan terkait ketersediaan dokter spesialis di rumah sakit Sele Be Solu.

” Selama masa jabatan saya, untuk kekurangan fasilitas kesehatan baik di RS Sele Be Solu maupun puskesmas,tahun ini semua akan dilengkapi. Kami sudah mengirimkan beberapa tenaga dokter untuk melanjutkan pendidikan spesialis. Hal ini dilakukan guna memenuhi kekurangan dokter spesialis baik yang bertugas di Rumkit maupun puskesmas,”Bebernya

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong Hermanus Kalasuat, S.ST, dalam sambutannya mengatakan pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemauan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Ia pun berpesan, kepada para tenaga medis dan non medis yang bertugas di Puskesmas klasaman ini, agar dapat mengutamakan kepentingan keselamatan pasien dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan diri dalam bekerja serta menjaga merawat sarana dan prasarana yang ada di Puskesmas, serta mewujudkan harapan bersama dalam akreditasi Puskesmas akreditasi Madya menjadi Puskesmas akreditasi Paripurna pada tahun 2019.

Peresmian ini disimbol dengan menandatangan prasasti serta pemotongan pita oleh Walikota Sorong ,Drs. Ec. Lamberthus Jitmau. MM. (Paschal)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.